Kekerasan Tumbuh Subur di Negara Hukum

Kekerasan Tumbuh Subur di Negara Hukum

Surabaya 25 September 2013, Penyekapan seakan-akan menjadi trend pemilik utang akhir-akhir ini. Banyak kasus penyekapan yang diberitakan oleh awak media. Seperti kasus penyekapan yang ditangani oleh POLRESTABES Surabaya yang termuat dalam Koran Jawa Pos tanggal 25 September 2013. Peristiwa tersebut dapat dijadikan gambaran tentang kesadaran akan hukum di masyarakat masih lemah. Dalam menghadapi setiap permasalahan dengan cara kekerasan merupakan hal yang harus kita tinggalkan di Negara yang menjunjung tinggi norma-norma hukum.

Apapun alasannya, kekerasan merupakan hal yang sangat tidak dibenarkan oleh hukum. Mengenai peristiwa penyekapan tersebut muncul suatu pertanyaan, kenapa kekerasan tumbuh subur di Negara yang di gadang-gadang merupakan Negara yang berlandaskan atas hukum? Apa yang salah? hukumnya apa penegak hukumnya atau masyarakatnya?

Untuk menjawab pertanyaan diatas kami teringat peribahasa, “sebaik-baiknya hukum di suatu negara, akan menjadi jelek ketika aparat penegak hukumnya bermoral jelek”. Yang harus diperbaiki adalah aparat penegak hukumnya bukan sistemnya.  Kalau sistem hukumnya baik dan berkualitas, tapi aparat penegak hukumnya ‘jelek’ dalam artian tidak akuntabel, koruptif, manipulatif, intinya integritas moralnya sangat jelek, maka sistem hukum sebaik apapun akan sangat mudah dirubah-rubah, direkayasa seenaknya menurut kepentingannya.  Sebaliknya, kalau aparat penegak hukumnya integritas moralnya sangat baik, akuntabel, jujur, amanah, maka sistem yang jelek sekalipun akan diperbaiki hingga sempurna.

Selain itu peran masyarakat juga sangat vital dalam proses penegakan hukum, dimana masyarakat yang memiliki kesadaran hukum yang kuat akan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang pada prinsipnya merupakan cerminan dari Negara hukum.

Menurut hemat kami hubungan kausal antara penyekapan disertai kekerasan yang berawal dari hutang piutang dapat dihindari apabila masyarakat percaya adanya hukum dan para penegaknya yang dapat menjamin hak-hak mereka.

lawyer_surabaya-indonesia

Drs. Harlem Napitupulu, S.H & Associates

LAWYER SURABAYA INDONESIA | KANTOR HUKUM DAN PENGACARA - HARLEM NAPITUPULU

Website: www.harlemnapitupululaw.com

Butuh bantuan hukum ?

Hub (031) 5349097